Minggu, 05 September 2010

RPP BIOLOGI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan Ke- : 15 dan 16
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (4 jam pelajaran)
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan prinsipprinsip hereditas serta
implikasinya pada Salingtemas.
Kompetensi Dasar : 3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom.
Indikator : 1. Mendeskripsikan struktur, jenis, dan bentuk kromosom.
2. Menjelaskan jumlah kromosom pada beberapa organisme.
3. Menjelaskan struktur, fungsi, dan peranan gen serta DNA.
I. Tujuan Pembelajaran
A. Siswa dapat menyebutkan bagian dari kromosom.
B. Siswa dapat mendeskripsikan macam bentuk kromosom berdasarkan sentromernya.
C. Siswa dapat menyebutkan jumlah kromosom pada beberapa organisme.
D. Siswa dapat menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom.
E. Siswa dapat mendeskripsikan fungsi gen bagi organisme.
F. Siswa dapat mendeskripsikan macam gen pada makhluk hidup.
II. Materi Ajar
Kromosom terdapat dalam nukleus, jadi setiap sel yang memiliki inti pasti mengandung
kromosom. Kromosom memiliki bagian sentromer (kinetokor) dan lengan kromosom.
Lengan mengandung benang-benang kromosom (kromonema) yang di dalamnya terkandung
gen. Dalam gen terdapat rangkaian DNA. Berdasarkan bentuknya, kromosom dikelompokan
menjadi akrosentrik, telosentrik, submetasentrik, dan metasentrik. Macam kromosom ada
dua, yaitu autosom dan gonosom.
III. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-15
A. Kegiatan Awal (waktu: 10 menit)
Apersepsi: Guru menunjukkan beberapa gambar kromosom, kemudian bertanya kepada
siswa tentang hal yang diketahuinya dari gambar tersebut.
B. Kegiatan Inti (waktu: 70 menit)
1. Guru meminta siswa untuk berdiskusi, kemudian menjelaskan bagian dari kromosom,
letak kromosom, serta macam kromosom menurut letak sentromernya.
2. Selanjutnya, siswa diminta membedakan kromosom tubuh dan kromosom kelamin. Siswa
juga diminta menjelaskan peranan keduanya dan tempat dapat ditemukannya pada
kromosom tersebut.
3. Guru menggandakan gambar di halaman 68 (dapat diperbesar), kemudian secara
berkelompok siswa diminta menyusun kromosom tersebut. Siswa diminta menyebutkan
jenis kelamin organisme yang memiliki kromosom tersebut.
C. Kegiatan Akhir (waktu: 10 menit)
Siswa diminta untuk mengumpulkan tugas tersebut. Selain itu, siswa diarahkan untuk dapat
membuat kesimpulan tentang tugas tersebut.
Pertemuan Ke-16
A. Kegiatan Awal (waktu: 10 menit)
Apersepsi: Guru menunjukkan gambar struktur DNA. Siswa diminta menyebutkan hal-hal
yang diketahui dari gambar tersebut.
B. Kegiatan Inti (waktu: 70 menit)
1. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa, misalnya ”Apa perbedaan antara gen dan
DNA?”. Siswa diminta untuk mengemukakan jawabannya.
2. Selanjutnya, guru meminta siswa mendiskusikan tentang gen, fungsi, dan macamnya.
C. Kegiatan Akhir (waktu: 10 menit)
1. Guru meminta siswa menyimpulkan tentang gen, fungsi, dan macamnya.
IV. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan:
A. Diskusi
B. Tanya jawab
C. Penugasan
V. Sumber/Bahan Pembelajaran
Sumber/bahan pembelajaran berupa:
A. Buku Menjelajah Dunia Biologi, Sri Pujiyanto, 2008, TigaSerangkai, halaman 63 – 71.
B. Gambar kromosom yang difotokopi sebanyak siswa atau kelompok siswa, lihat halaman
68.
VI. Penilaian
Penilaian meliputi:
A. Sikap siswa saat proses pembelajaran (ranah afektif).
B. Hasil belajar berua
1.Susunan dan deskripsi kromosom organisme (ranah kognitif dan psikomotor).
Sebagai acuan penilaian, dapat digunakan:
Nama Jaringan Skor Maksimal Skor yang
Diperoleh
1. Kerapian menggunting kromosom
2. Menempel dan mengatur kromosom
dengan benar
3. Mendeskripsikan macam kromosom
20
50
30
Jumlah skor 100
2.Hasil diskusi .
Mengetahui, Dilaksanakan, ............................
Kepala Sekolah Guru Biologi
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar